1. PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi komputer era abad ke-21 ini sangat pesat. Pengembangan aplikasi merupakan salah satu yang paling banyak dikembangkan. Pengembangan aplikasi bertujuan untuk mempermudah manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dengan terus berkembangnya berbagai macam aplikasi kinerja manusia banyak terkurangi karena dibantu oleh aplikasi yang telah tersistem dengan baik. Salah satu jenis aplikasi yang dikembangkan yaitu aplikasi pembelajaran. Pembelajaran merupakan suatu proses belajar mengajar yang lazimnya terjadi disebuah ruang kelas yang biasa terjadi disebuah sekolah, kampus maupun lembaga lain seperti tempat kursus ataupun private. Pembelajaran konvensional yang ada menggunakan satuan kredit semester ataupun jumlah jam pelajaran pada sekolah. Dengan menggunakan model ini lamanya waktu belajar ditentukan dari banyaknya jumlah Sks ataupun jumlah jam pelajaran yang ada. Dengan demikian bilamana suatu mata pelajaran memiliki banyak sekali materi yang perlu dibahas terkadang waktu yang ada tidak cukup untuk menghabiskan materi. Diperlukan satu solusi berupa waktu tambahan belajar selain belajar interaktif dikelas. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi pembelajaran Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar, dan page layout. Desainer grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif. Desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesanpesan kepada komunikan seefektifmungkin. Nama lain software adalah perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkatlunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, perangkat keras adalah nyata yang dapat dilihat dan disentuh oleh manusia, sedangkan software tidak dapat dilihat dan disentuh secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa dioperasikan.Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki.
Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuahperusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 15 yang dinamai X5 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008. Corel Draw pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan padasistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. Versi Corel Draw untuk Linux dan Mac OSpernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah. Versi CorelDRAW X5 memiliki tampilan baru serta beberapa aplikasi baru yang tidak ada pada CorelDRAW versi sebelumnya. Beberapa aplikasi terbaru yang ada, di antaranya Quick Start, Table, Smart Drawing Tool, Save as Template, dan lain sebagainya. Dengan menerapkan metode ini sistem yang dibangun oleh seseorang maunpun perusahaan dapat digunakan oleh banyak orang, karena bukan hanya orang yang mempunyai aplikasi ini saja yang bisa menggunakannya. Melainkan semua orang yang bisa terhubung dengan internet juga dapat menggunakannya.
2. METODOLOGI PENELITIAN
2.1 Perancangan
Definisi Perancangan atau design menurut Jogiyanto H.M, 2005 (Rosmeni, 2013) menyatakan bahwa: “Perancangan merupakan tahap dari analisis system dimana pada perancangan sistem digambarkan rancangan sistem yang akan dibangun sebelum dilakukan pengkodean kedalam suatu aplikasi. Definisi Design (Perancangan) menurut Mulyadi, 2006, ”Desain adalah proses peterjemahan kebutuhan pemakai informasi ke dalam alternatif rancangan sistem informasi yang diajukan kepada pemakai informasi untuk dipertimbangkan.
2.2 Pembelajaran
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Menurut Stephen Robbins (2007). Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar terjadi pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.
2.3 CorelDRAW X3
CorelDRAW adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 17 yang dinamai X7 dirilis pada tanggal 27 Maret 2014. Sedangkan CorelDRAW X3 dirilis 17 Januari 2006.CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi windows 2000 dan yang lebih baru. Versi CorelDRAW untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.
3. HASIL DAN PEMBAHASAN
Software ini merupakan sebuah aplikasi yang user-friendly, artinya mudah digunakan baik oleh professioanl maupun oleh pemula sekalipun. Hal ini mengingat disediakannya fitur help, dan bantuan online yang melimpah. Serta menu-menu dan toolbar yang familiar dan mudah dipelajari sehingga memudahkan para pemula untuk memahami kegunaan dari setiap item pengoperasian yang ada di software Coreldraw ini. Tersedianya banyak tool, baik selection, editing, dan pemberian efek tentunya bertujuan untuk mempermudah dalam mengoperasikan dan menghasilkan gambar yang menarik di coreldraw. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri karena semakin banyak menu dan item yang disediakan dalam suatu software, menandakan bahwa banyak hal yang bisa dilakukan dengan software tersebut, dan ini merupakan daya tarik tersediri dibanding software lain yang sejenis. Dalam membuat desain grafis menggunakan aplikasi software CorelDraw ini, maka mahasiswa memulainya dari tingkat awal (level basic) yaitu dengan memahami kegunaan dari setiap item yang ada. Jangan dihafal tapi sambil di praktekkan.
4. KESIMPULAN
Berdasarkan penelitian dan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan program aplikasi software CorelDraw dapat meningkatkan softskill dan kreatifitas siapa saja termasuk mahasiswa, dapat meningkatkan kerja otak, dapat membuka peluang bisnis, dapat menjadi nilai jual siapa saja ketika bersaing di sebuah perusahaan, dan dapat meningkatkan kemandirian ekonomi bagi mahasiswa. Oleh karena itu, diharapkan media yang sudah diteliti bisa diterapkan secara maksimal untuk menunjang proses pembelajaran secara praktis dan mandiri, karena banyak sekali manfaat yang diperoleh dari perangkat lunak coreldraw. Penelitian yang dilakukan belum sampai pada tahap penelitian secara keseluruhan dibeberapa daerah. Sehingga terbuka kesempatan bagi para peneliti lain untuk mengkaji lebih jauh penelitian hasil belajar mandiri dan praktis mahasiswa menggunakan aplikasi software CorelDraw secara kesuluruhan mencakup seluruh indonesia dimana data bisa didapatkan melalui Badan Pusat Statistik (BPS). Penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah media pembelajaran Coreldraw untuk mempermudah mahasiswa dalam mempelajari materi mengoperasikan piranti lunak pengolah gambar vektor. Media pembelajaran Coreldraw praktis digunakan sehingga dapat mengatasi keterbatasan waktu, ruang dan ukuran. Pengembangan media pembelajaran Coreldrawini menggunakan model pengembangan ADDIE yang bersifat sederhana dan terstruktur secara sistematis maka tahap-tahap pengembangan dapat lebih mudah dipahami.
DAFTAR PUSTAKA
[1] Bakti, S., Hasibuan, nelly astuti, Sianturi, lince tomoria, & Sianturi, ronda deli. (2016). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Coreldraw X3 Mengunakan Metode WEB Based Learning (WBL). Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 3(4), 32–35.
[2] Pramuaji, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Pengenalan Corel Draw Sebagai Sarana. Jurnal Elektro, 2(3), 183–189.
[3] Rais, R., Afriliana, I., & Budihartono, E. (2017). Peningkatan Ketrampilan Multimedia CorelDraw Di SMK Assalafiyah kota Tegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 1(1), 55–61. https://doi.org/10.30591/japhb.v1i1. 689
[4] Rudi, J. (2018). Pengembangan media pembelajaran coreldraw pada mata pelajaran multimedia kelas xi tkj di smk piri 2 yogyakarta tugas akhir skripsi
[5] Lubis D. S., Sinaga H.R.F.U., Batubara A.D., Anggraini E.M., Saragih F.S., (2020). ANALISIS DESAIN GRAFIS MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KOMPUTER BERBASIS SOFTWARE CORELDRAW.Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK) Vol.4, No.2, Juli 2020.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar