Sabtu, 26 Maret 2016

UTS & Tips Mencontek



Sorry sebelumnya gue gak bisa update minggu lalu, karena gue sibuk dengan ulangan UTS maka dari itu gue belajar dan belom sempet nulis ataupun ngepost di blog. Pada hari pertama UTS gue kaget karena biasanya sekelas dicampur sama kakak kelas dan UTS kali ini kelas gue ngga di iringin sama kakak kelas jadi sekelas isinya kelas gue doang. Tapi ya sudahlah gapapa biar greget juga.

Ada beragam guru yang ngawas ruangan gue, ada yang baik ada pula yang kejam. Saat ulangan banyak juga temen-temen gue yang kerja sama dengan trik-trik yang biasa dipakai seorang pelajar dalam mencontek. Kali ini gue punya trik dan tips cara mencontek yang benar. Hehehe.
Definisi mencontek menurut gue adalah: Cara yang dilakukan seseorang untuk bisa mendapatkan jawaban dari sebuah pertanyaan ujian dengan illegal. Biasa dilakukan anak sekolah yang tidak siap dengan ulangan atau ujian. Mencontek bisa dilakukan seorang diri atau dalam group.

Metode nyontek dibagi menjadi 2 bagian, yaitu dengan usaha sendiri dan kerja sama:
*      Usaha sendiri adalah dengan buka kebetan (catatan kaki) sendiri, buka buku, atau dengan alat bantu lain seperti kertas kecil, coret-coretan di tangan, dan lain-lain.
*      Kerja sama adalah dengan cara minta jawaban dari orang lain, dengan kode-kode yang sebelumnya sudah disepakati terlebih dahulu.

Ini dia persiapan sebelum mencontek :
1.       Harus terlihat tenang.
2.       Harus terlihat seakan-akan sudah menguasai materi yang dipermasalahkan.
3.       Usahakan untuk bisa membaca situasi seperti gerak gerik pengawas.
4.       Usahakan agar sudah menguasai metode mencontek yang akan dipergunakan dengan sempurna. (sambil megang-megang bolpen yang sudah berisi contekan. Tp jangan direveal dulu).
5.       Kalau bisa, datangi tempat di mana ujian akan dilaksanakan, dan pelajari tata letak ruangannya, seperti posisi cermin, letak jendela, meja pengawas, teman sekitar, dan sebagainya.
6.       Hafalkan kode-kode yang akan diterima dari teman yang diajak kerjasama, jangan sampai salah informasi karena akan berakibat fatal. (bergaya sambil nginget2 pake ngitung-ngitung jari)
7.       Bersiap untuk keadaan terburuk apabila ketahuwan, seperti mendapat 0 atau bahkan dikeluarkan dari sekolah. (Nunjukin semacam surat wasiat atau sejenisnya).
8.       Atur sebuah meja siap ujian, seperti namanya, meskipun kamu belum belajar, tapi kamu niscaya akan mendapat nilai bagus. (Sesuai namanya, bukan kamunya yang siap ujian, tapi mejanya yang udah siap ujian).

Untuk melakukan mencontek dengan metode kerjasama, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

·         Mempunyai partner yang kira-kira bisa buat dimintain jawaban dan jawabannya itu benar (alias orang pinter).
·         Posisi duduknya strategis dari tempat kamu dan kira-kira bakal enak dan gampang buat ngeliatnya.
·         Kerjasama ini bisa dilakukan dengan cara ngeliat jawaban langsung dari kertas teman ( apabila posisi memungkinkan ), dan atau minta jawaban dengan kode-kode tertentu.
Oke, itu dia tips dari gue gimana caranya mencontek. Tapi harus inget-inget ya, mencontek boleh tapi harus Be Smart!
"Kalo terbiasa mendapatkan sesuatu dengan mudah, lo nggak akan tau artinya berusaha."

3 komentar: